Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 2 Issue No. 2: January 2025

Optimalisasi Supervisi Akademik bagi Guru SMP Negeri 3 Campalagian di Era Merdeka Belajar

Nasrul, Muhammad (Unknown)
Muis, Abdul (Unknown)
Junda, Muhammad (Unknown)
Sirinti, Yulita (Unknown)
Inayah, Faidhul (Unknown)
Ristiana , Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan workshop supervisi akademik sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pengajaran para guru di SMP Negeri 3 Campalagian dalam menghadapi tantangan Era Merdeka Belajar. Workshop ini difokuskan pada perbaikan keterampilan mengajar agar sesuai dengan tuntutan pendidikan yang semakin dinamis. Melalui workshop supervisi akademik, guru-guru diberikan kesempatan untuk menerima umpan balik konstruktif dan dukungan dalam mengembangkan metode pengajaran yang efektif dan inovatif. Kolaborasi dan pertukaran pengalaman antar guru juga menjadi bagian penting dari program ini. Partisipasi aktif dari pihak terkait, seperti pengelola sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik, menjadi kunci keberhasilan workshop ini. Dengan keterlibatan semua pihak, program ini memiliki potensi untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui workshop supervisi akademik ini, para guru mengalami perkembangan profesional dan mengadopsi pendekatan yang responsif terhadap perubahan di dunia pendidikan. Keberlanjutan program ini juga menjadi bagian integral dari rencana kurikulum dan pengembangan profesionalisme guru, sejalan dengan semangat Era Merdeka Belajar dalam mencapai pendidikan yang lebih baik dan bermakna bagi peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...