Penelitian ini mengkaji implementasi fungsi manajemen Madrasah Aliyah dalam penguatan kemampuan khitobah santri kelas 12 di Ma’had Al-Zaytun. Salah satu masalah yang dihadapi dalam mata pelajaran muhadharah adalah rendahnya motivasi menulis santri, khususnya keterbatasan dalam menyusun artikel pidato berbahasa Arab atau Inggris. Akibatnya, santri cenderung menggunakan teks lama dan sering lalai terhadap tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi fungsi manajemen dalam membantu penguatan kemampuan khitobah serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun berperan dalam penguatan kemampuan khitobah santri melalui berbagai program. Fungsi manajemen yang diterapkan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang efektif. Faktor pendukung meliputi program kerja, keteladanan, dan motivasi diri. Sementara itu, faktor penghambat mencakup ragam kegiatan santri yang padat, permasalahan internal, dan rendahnya kesadaran diri santri dalam menjalankan tugas-tugas pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen, Khitobah, Santri, Madrasah Aliyah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025