E-commerce di Indonesia menjadi bagian perkembangan dalam dunia internet yang sangat pesat. Keberadaan E-commerce di Indonesia sudah mulai sangat banyak akibat tingginya daya beli masyarakat, dengan banyaknya E-commerce di Indonesia pemilik E-commerce banyak melakukan untuk dapat tetap bersaing. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah selalu memperbarui halaman tampilan web yang lebih menarik untuk para konsumen, dengan harapan jika diperbarui tampilan web mereka dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Pengaruh warna sangat besar dalam kehidupan manusia sehari-hari, baik dalam dunia seni lukis, media masa cetak, desain interior, dunia politik dan tentunya juga pada desain web. Warna merupakan bidang yang sangat menarik untuk dikaji karena warna mempengaruhi psikologis, kognitif, rasa dan warna memberikan identitas pada objek manusia yang dilekatinya. Sehingga untuk membuat website pemilihan terhadap warna sangat penting. Penelitian ini akan berfokus untuk membandingkan beberapa warna pada E-commerce yang sudah ada di Indonesia salah satunya adalah Sociolla dan Guardian, untuk dinilai warna manakah yang memiliki tingkat brand awareness lebih tinggi untuk menjadi rekomendasi dalam pemberian warna untuk website E-commerce. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif data-data yang didapat dari sumber literarur mengenai teori psikologi warna Goethe dan Itten dipetakan kedalam teori kombinasi warna pada website
Copyrights © 2025