Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 4 No. 6: Juni 2025

TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN: PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DAN MEDIA SOSIAL

Rachmawati, Dwita (Unknown)
Pramita Sukma Wardani (Unknown)
Yufenti Oktafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut guru beradaptasi dan berinovasi dalam metode pembelajaran. Namun, banyak pendidik SD kesulitan memanfaatkan media pembelajaran daring dan media sosial karena keterbatasan literasi digital dan akses teknologi. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan memberdayakan guru SD Negeri Segoropuro, Pasuruan, Indonesia, melalui peningkatan keterampilan penggunaan media digital untuk pembelajaran. Dilaksanakan September-Desember 2024, kegiatan ini mencakup pelatihan dan lokakarya penggunaan Canva untuk desain edukatif, Kinemaster untuk video interaktif, dan Prezi untuk presentasi dinamis. Prosesnya meliputi asesmen kebutuhan, pelatihan praktik langsung, pendampingan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada kepercayaan diri dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi. Guru yang lebih muda menunjukkan kemampuan awal lebih baik, namun semua peserta meningkat pascapelatihan. Program ini membuktikan bahwa dengan dukungan dan pendampingan, guru dapat berhasil menerapkan teknologi. Diharapkan model pelatihan ini dapat direplikasi di sekolah lain guna mendukung transformasi digital pendidikan lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...