Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) perlu dijalankan secara berkelanjutan untuk menjamin akses air bersih, menjaga kelestarian lingkungan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis AMDK dengan Berfokus pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini membahas keberlanjutan bisnis melalui studi literatur sistematik dan analisis deskriptif terhadap pelaku usaha AMDK di wilayah karesidenan Madiun. Penelitian ini melibatkan 150 studi yang diperoleh dari tools Publish or Perish dan Google Scholar. Hasil metode prisma menunjukkan studi yang lolos dan layak dimasukkan sampai tahap akhir PRISMA terdiri 53,8% aspek ekonomi, 30,8% dari aspek sosial, dan 15,4% dari aspek lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa strategi bisnis, sistem manajemen, literasi keuangan, kebijakan lingkungan, manajemen lingkungan, etika bisnis, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) menjadi faktor utama dalam mendukung keberlanjutan bisnis.penelitian ini menegaskan pentingnya strategi bisnis yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk mempertahankan daya saing dan kontribusi jangka panjang industri AMDK. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam melakukan analisis keberlanjutan pada perusahaan AMDK. Penelitian ini untuk kedepannya perlu ada pembuatan pengembangan model strategi bisnis yang mengusung konsep keberlanjutan.
Copyrights © 2025