Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Rizka, Almulk (Unknown)
Hanum, Rafidhah (Unknown)
Lubis, Azmil Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media roda berputar bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yaitu perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 01 Aceh Besar. Data penelitian diperoleh dari Teknik obeservasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan ,menggunakan Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM. Peningkatan aktivitas belajar ditinjau dari aktivitas guru dan peserta didik. Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas guru dari 75,02% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Lebih lanjut, peningkatan aktivitas belajar juga terjadi pada peserta didik yaitu meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Disisi lain, peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik adalah 60,8% pada siklus I meningkat 82,6% pada siklus II. Berdasarkan hasiltersebut, maka Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...