Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDN INPRES 02 RISA

Emifaturrahmi (Unknown)
Mariamah (Unknown)
Suciyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal cerita berbentuk essay yang berjumlah 10 soal. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain. Hasil penelitan dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga keputusan hipotesisnya adalah diterima dan ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 45 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,44, dan didukung oleh hasil rata-rata nilai N-Gain dari pretest ke posttest yaitu sebesar 0.6476 berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan perkalian berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...