Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 JEJAWI

Linda, Linda (Unknown)
Adrianus Dedy, Erfan Ramadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android guna untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jejawi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi keberagaman rumah adat di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Hasil menunjukkan bahwa media ini sangat layak dengan rata-rata validitas 90,85%, sangat praktis dengan rata- rata 91,11% oleh siswa, 89,33% oleh guru, dan sangat efektif dengan nilai N-Gain 0,77 dalam kategori tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan efektif meningkatkan minat belajar siswa dan sesuai dengan karakteristik generasi digital saat ini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...