Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas VI SD, khususnya pada materi Animals, dengan menggunakan media Wordwall dan Puzzle Board. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI di sebuah sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dan Puzzle Board secara signifikan membantu siswa memahami kosakata dengan lebih baik. Wordwall memudahkan siswa mengenali dan mengingat kosakata melalui permainan interaktif berbasis digital, sementara Puzzle Board membuat mereka lebih paham dengan cara belajar yang lebih aktif dan menyenangkan. Peningkatan ini terlihat dari hasil evaluasi yang menunjukkan adanya kenaikan skor rata-rata siswa setelah menggunakan kedua media tersebut. Dengan demikian, Wordwall dan Puzzle Board bisa menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa SD menguasai kosakata bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Copyrights © 2025