Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi terhadap pelaporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelaporan keuangan UMKM Kabupaten Cilacap berdasarkan SAK ETAP. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan pendidikan dan pelatihan akuntansi bagi pelaku UMKM Kabupaten Cilacap guna meningkatkan kualitas pelaporan keuangan yang akurat, transparan, dan sesuai standar. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan lembaga terkait dalam merancang program pemberdayaan UMKM Kabupaten Cilacap khususnya di bidang pelaporan keuangan
Copyrights © 2025