Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan work life balance terhadap kinerja akademik mahasiswa paruh waktu di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Mahasiswa yang menjalani pekerjaan paruh waktu menghadapi tantangan dalam mengatur waktu antara kuliah dan pekerjaan, yang berpotensi memengaruhi prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling yang melibatkan 110 responden mahasiswa aktif Program Studi S1 Manajemen yang bekerja paruh waktu. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja dan work life balance secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja akademik mahasiswa. Beban kerja yang sesuai dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan studi mampu meningkatkan kinerja akademik mahasiswa paruh waktu. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi mahasiswa dan institusi pendidikan dalam menyusun strategi untuk mendukung keseimbangan peran mahasiswa pekerja.   This study aims to analyze the effect of workload and work-life balance on the academic performance of part-time students at the Muhammadiyah University of East Kalimantan. Students who work part-time face challenges in managing their time between study and work, which has the potential to affect their academic achievement. This study uses a quantitative approach with a purposive sampling method involving 110 respondents of active Management Study Program students who work part-time. Data were collected through online questionnaires and analyzed using multiple linear regression. The results showed that workload and work-life balance simultaneously and partially had a significant effect on students' academic performance. Appropriate workload and balance between work life and study can improve the academic performance of part-time students. These findings provide important implications for students and educational institutions in developing strategies to support the balance of student-worker roles.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025