Abstrak: Optimalisasi peran guru TK/PAUD akan meningkatkan cakupan kegiatan SDIDTK pada anak balita dan prasekolah, sehingga penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak akan terdeteksi secara dini. Permasalahan TK Aisyiyah Barumbung adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam skrining penyimpangan tumbuh kembang balita, gangguan mental emosional 31,3% dan keterlambatan bicara 21%. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui pendampingan skrining penyimpangan tumbuh kembang balita. Metodenya dengan melakukan edukasi tentang skrining penyimpangan tumbuh kembang balita, pelatihan dan pendampingan pemeriksaan tumbuh kembang balita. Mitra kegiatan adalah guru TK Aisyiyah Barumbung berjumlah 7 orang dan muridnya berumur 12-60 bulan berjumlah 48 orang. Evaluasi pengetahuan dilakukan dengan pretest-postest dan observasi langsung untuk menilai keterampilan. Terjadi peningkatan pengetahuan dan terampilnya guru-guru TK Aisyiyah Barumbung dalam melakukan skrining penyimpangan tumbuh kembang balita. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pengetahuan peserta pada kategori baik sebesar 64% setelah edukasi dan pelatihan serta pendampingan.Abstract: Optimizing the role of kindergarten/early childhood education teachers will increase the scope of SDIDTK activities for toddlers and preschoolers, so that deviations in children's growth and development will be detected early. The problems of Aisyiyah Barumbung Kindergarten are the lack of teacher knowledge and skills in screening deviations in toddler growth and development, 31.3% emotional mental disorders and 21% speech delays. The purpose is to overcome this problem through assistance in screening for developmental abnormalities in toddlers. The method is to provide education and assistance in screening for abnormalities in toddler growth and development. The activity partners are 7 Aisyiyah Barumbung Kindergarten teachers and 48 students. Knowledge evaluation is pretest-posttest, direct observation to assess skills. There has been an increase in the knowledge and skills of Aisyiyah Barumbung Kindergarten teachers in screening deviations in toddler growth and development. This is proven by the increase in participants' knowledge in the good category by 64% after education, training and mentoring.
Copyrights © 2025