SRODJA
Vol 2 No 2 (2025): Juli

PELAYANAN PRIMA KESEHATAN RUMAH SAKIT BINA SEHAT JEMBER DALAM MEMENUHI KEPUASAN PASIEN

Amalia, Sinta (Unknown)
Handayani, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Rumah Sakit Sebagai salah satu institusi pelayanan kesehatan perorangan merupakan salah satu sumber daya kesehatan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang terselenggaranya upaya pelayanan kesehatan. Tingginya tuntutan masyarakat terhadap rumah sakit dalam hal ini pemenuhan kepuasan pasien, memaksa rumah sakit untuk mengembangkan manajemen mutu sebaik-baiknya terutama mutu pelayanan. Pelayanan kesehatan tidak hanya sekedar menyembuhkan penyakit, tetapi perlu lebih menitikberatkan pada kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan masyarakat, memperoleh pelayanan yang bermutu, dan sejalan dengan misi pemerintah untuk melaksanakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Untuk meningkatkan kepuasan pasien maka rumah sakit melakukan berbagai upaya salah satunya adalah pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan kesehatan rumah sakit dalam memenuhi kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode library research. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa untuk memenuhi kepuasan pasien adalah dengan menggunakan peningkatan mutu pelayanan yaitu pelayanan prima. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang optimal untuk menghasilkan kepuasan pelanggan. Pelaksanaan pelayanan prima merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pelanggan atau pasien dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan pasien dan mencapai kepuasan. Untuk pelayanan prima kepada pasien sangat penting pelayanan yang didasarkan pada kepentingan pasien sehingga memungkinkan tercapainya kepuasan yang optimal dari petugas. Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit mulai dari indikator sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, dan akuntabilitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

srodja

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SRODJA (Sroedji Journal Administration) published by Universitas Moch. Sroedji with E-ISSN number : 3046-5303 provides a forum for researchers to publish their research & innovative ideas in the field of Public Administration which is currently continuing to develop. This dynamic growth offers many ...