Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan soal kalkulus vektor, khususnya pada materi medan vektor yang mencakup konsep gradien dan turunan berarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan dua orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa soal konseptual dan aplikatif serta lembar observasi untuk merekam proses berpikir mahasiswa saat mengerjakan soal. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menuliskan notasi turunan parsial dengan tepat, menyusun komponen gradien secara lengkap, serta menerapkan langkah-langkah sistematis dalam penyelesaian soal turunan berarah, seperti evaluasi titik, normalisasi vektor arah, dan perhitungan dot product. Walaupun beberapa jawaban akhir benar, masih ditemukan kekeliruan dalam proses dan penyajian penyelesaian. Temuan ini mengindikasikan perlunya pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konseptual, ketelitian prosedural, serta penggunaan notasi matematis yang sesuai kaidah dalam materi kalkulus vektor.
Copyrights © 2025