Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

TINJAUAN KESULITAN DAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL GARIS DALAM RUANG DUA DAN TIGA DIMENSI

Suci Dahlya Narpila (Unknown)
Nadiah Salsabila (Unknown)
Windy Annisa Husnida (Unknown)
Farihatul Ula Ritongah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Integral garis adalah topik kalkulus lanjutan yang membutuhkan pemahaman konsep dasar seperti vektor, parametrik, dan integral tentu. Materi ini kompleks karena menggabungkan pemahaman simbolik, numerik, dan spasial.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki secara menyeluruh kesulitan dan pemahaman siswa tentang materi garis ruang dua dan tiga dimensi yang penting, serta untuk menemukan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan mereka untuk memahami subjek tersebut.  Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Tiga siswa yang berada di semester empat telah diwawancarai untuk melakukan penyelidikan tersebut.  Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa menghadapi dua kategori utama tantangan: teknis dan konseptual.  Kesalahan dalam menyusun kurva parametrik, menentukan batas integral, dan menyelesaikan bentuk integral yang mengandung trigonometri adalah beberapa kesulitan teknis. Namun, pemahaman yang buruk tentang hubungan antara lintasan, medan vektor, dan hasil integral sebagai representasi usaha menyebabkan kesulitan konseptual.  Selain itu, ditemukan bahwa siswa tidak memahami materi prasyarat yang diperlukan untuk memahami garis secara menyeluruh. Kekurangan latihan bertahap dan metode pembelajaran yang terlalu simbolik memperburuk kondisi ini.  Akibatnya, strategi pengajaran yang lebih terstruktur, kontekstual, dan berfokus pada penguatan konsep dan pemahaman geometris lintasan diperlukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...