Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI TEOREMA GREEN PADA KALKULUS VEKTOR

Suci Dahlya Narpila (Unknown)
Nazwa Aulia Mahatma Hutagalung (Unknown)
Rahmayani Sihite (Unknown)
Raudatul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Teorema Green merupakan konsep penting yang menghubungkan integral garis dengan integral ganda dalam bidang dua dimensi. Namun, dalam praktiknya, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan mahasiswa pendidikan matematika sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa hanya memiliki pemahaman yang cukup terhadap konsep dasar Teorema Green, dan mengalami kesulitan dalam mengaitkan integral garis dengan integral ganda. Kesulitan juga ditemukan dalam memahami syarat keberlakuan teorema, orientasi kurva, serta aplikasi teorema dalam penyelesaian soal. Selain itu, banyak mahasiswa belum mampu menyelesaikan soal secara mandiri jika bentuk soal berbeda dari contoh yang pernah dipelajari. Faktor lain yang memengaruhi adalah lemahnya penguasaan konsep prasyarat, keterbatasan visualisasi, dan metode pembelajaran yang terlalu teoritis. Mahasiswa menyarankan penggunaan media visual, video pembelajaran, serta diskusi kelompok sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...