Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

PROBLEMATIKA AKHLAK SISWA DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS 5 MDTA GALUANG

Andre Gustia (Unknown)
Eka Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Problematika akhlak siswa dalam interaksi sosial menjadi isu krusial dalam pendidikan karakter, terutama di tingkat madrasah dasar seperti MDTA Galuang. Fenomena penyimpangan perilaku seperti ejekan verbal, perilaku agresif, hingga kurangnya adab berbicara, menunjukkan adanya kesenjangan antara pengetahuan nilai akhlak dan praktik sosial siswa. Isu ini tidak hanya mencerminkan krisis moral lokal, tetapi juga bagian dari tantangan besar dalam pendidikan Islam yang menekankan integrasi antara akidah, syariah, dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk problematika akhlak serta faktor penyebabnya dalam interaksi sosial siswa kelas 5. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data primer dan sekunder secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika akhlak bersumber dari faktor internal seperti emosi yang tidak terkontrol dan perkembangan moral yang belum stabil, serta faktor eksternal seperti pola asuh keluarga, pengaruh media digital, norma kelompok sebaya, dan ketidakkonsistenan pendisiplinan guru. Temuan ini menegaskan pentingnya pembiasaan perilaku moral secara konsisten dan dukungan lingkungan dalam membentuk akhlak yang berakar kuat dalam praktik sosial siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...