Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 1, No 1 (2024): Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari-Juni 2024

PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MOBILE MARKET PLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Kajian Pada Masyarakat Pengguna Shopee di Kota Sabang)

Murni, Seri (Unknown)
Ryanti, Adelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Marketplace merupakan portal bisnis dalam e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk kebutuhan sehari-hari. Perubahan perilaku belanja masyarakat dari offline menjadi online menjadi trend online shopping yang sangat disenangi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian pada mobile marketplace Shopee dalam perspektif ekonomi Islam kajian pada masyarakat pengguna Shopee di kota Sabang. Metode pendekatan kuantitatif dengan teknik Non Probability sampling yaitu quota sampling dan teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner yang disebarkan melalui GoogleForm kepada para responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dimensi Intensitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (2) Dimensi Valensi Opini tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Dimensi Konten berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) Secara simultan ketiganya berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mobile marketplace Shopee dalam perspektif ekonomi Islam kajian pada masyarakat pengguna Shopee di kota Sabang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...