Kemajuan teknologi keuangan (financial technology) telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan generasi milenial, khususnya dalam transaksi digital seperti penggunaan e-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan financial technology terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, fokus pada siswa SMA Negeri 1 Paiton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriftif kuesioner kepada 37 responden yang dipilih secara purposive. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fintech tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,505 > 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,012, yang berarti hanya 1,2% variasi perilaku konsumtif yang dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan fintech. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti aspek psikologis, sosial, budaya, maupun gaya hidup. Dengan demikian, hipotesis nol (Hâ‚€) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.
Copyrights © 2025