Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Financial Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial

Fahrudin, Fahrudin (Unknown)
Nurhedi, Moh. (Unknown)
Afandy, Arief Rahman (Unknown)
Sholihin, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Kemajuan teknologi keuangan (financial technology) telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan generasi milenial, khususnya dalam transaksi digital seperti penggunaan e-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan financial technology terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, fokus pada siswa SMA Negeri 1 Paiton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriftif kuesioner kepada 37 responden yang dipilih secara purposive. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fintech tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,505 > 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,012, yang berarti hanya 1,2% variasi perilaku konsumtif yang dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan fintech. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti aspek psikologis, sosial, budaya, maupun gaya hidup. Dengan demikian, hipotesis nol (Hâ‚€) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...