HUKUM EKONOMI ISLAM
Vol 8, No 1 (2024): Juni 2024

Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Farmasi Halal di Kota Parepare

Sri Fatimah Rahmatillah (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Syahriyah Semaun (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Andi Bahri S (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Darmawati Darmawati (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Muzdalifah Muhammadun (Institut Agama Islam Negeri Parepare)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Farmasi halal merupakan salah satu produk konsumsi dengan tingkat urgensi yang tinggi dalam kehidupan masyarakat muslim. Namun, masih sangat sedikit studi empiris yang menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian produk farmasi halal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk farmasi halal, menggunakan teori perilaku konsumen yang terdiri dari variabel sosial, pribadi, psikologis, dan keputusan pembelian, serta mengkaji relevansi antara perilaku pembelian konsumen dengan implementasi maqashid syari’ah dalam berkonsumsi. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengambil data primer dari hasil kuisioner pada 100 muslim Kota Parepare dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan program SmartPls 4.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,296 dan nilai signifikansi 0,0120,05 ; (2) faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,190 dan nilai signifikansi 0,0470,05; (3) faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,470 dan nilai signifikansi 0,0000,05; (4) Seluruh variabel eksogen memenuhi maqashid syari’ah, artinya faktor sosial, pribadi, dan psikologis dalam mempengaruhi perilaku pembelian konsumen telah mengimplementasikan unsur-unsur maqashid syari’ah dalam kegiatan konsumsinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jhes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Pasar modal syariah merupakan salah satu sektor keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, yang menghindari unsur riba, gharar, dan maysir. Pasar ini menyediakan instrumen investasi seperti saham syariah, sukuk, dan reksa dana syariah yang telah diseleksi dan diawasi oleh ...