Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam
Vol. 3 No. 2 (2022)

ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN DONASI ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PESISIR BARAT

Setiawan, Adi Berta (Unknown)
Budimansyah, Budimansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Masalah kemiskinan semakin hari semakin mengemuka di berbagai daerah indonesia. Untuk mengatasi masalah kemiskinan Allah SWT menurunkan syari’at berupa. Pengumpulan pendistribusian maupun pemberdayaan zakat belum terlalu banyak memberikan pengaruh besar terhadap penanggulangan kesenjangan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan umat Islam. Begitu pula di BAZNAS Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan jenis pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di BAZNAS Pesisir Barat. Informan penelitian sebanyak 8 orang. Hasil penelitian ini ialah; Penghimpunan, Muzakki dapat membayar dengan datang langsung ke kantor BAZNAS, transfer ke Rekening BAZNAS, Penghimpunan dana wajib oleh para PNS Pesisir Barat, serta dibantu oleh LAZ, UPZ Kemenag, dan UPZ Pemda. Penyaluran dana oleh BAZNAS Pesisir Barat, Program Pesisir Barat Santun, Program Pesisir Barat Sehat, Program Pesisir Barat Taqwa, Pesisir Barat Berakhlak, Pesisir Barat Berkarya. Untuk meningkatkan unsur trust muzakki, maka strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Pesisir Barat ialah: Memaksimalkan potensi pengenalan lembaga BAZNAS Pesisir Barat kepada masyarakat, Menyebarkan pamplet, megirimi surat ke secara pribadi untuk masyarakat menengah ke atas,serta menyambangi langsung ke calon muzakkinya, Memberikan laporan kegaiatan atas penyaluran dana, Melaksankan pengajian rutin perbulan, Silahturahmi ke dinas-dinas da pengusaha-pengusaha serta petambak, Bergerak bersama dengan pemerintah daerah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RJMBI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Aims: An objective of Revenue Journal is to promote the wide dissemination of the result of systematic schoolarly inquires into the broad field of business, management and entreprenuer research. Revenue Journal intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on ...