Al-Mal:Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember 2022

Identifikasi Minat Memilih Produk Bank Syariah Melalui Peran Gaya Hidup, Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah

Sulasih, Sulasih (Unknown)
Ulya, Rifqo Yatul (Unknown)
Novandari, Weni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Lembaga keuangan syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat, namun dalam perkembangannya mengalami kesulitan dalam mencari nasabah, karena tidak semua mengetahui arti bank syariah dan ada faktor yang mempengaruhinya yang mengakibatkan jumlah nasabah lebih kecil dibanding bank konvensional. Maka perlu adanya literasi keuangan yang harus ditingkatkan pada masyarakat dan memahami perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya hidup, religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap minat memilih produk bank syariah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 82 responden, teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisa data dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel gaya hidup (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 2) Variabel religiusitas (X2) secara parsial berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 3) Variabel literasi keuangan syariah (X3) secara parsial berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 4) Variabel gaya hidup, religiusitas dan literasi keuangan syariah secara simultan berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-mal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

AL-MAL= Is Journal Accounting and Islamic Finance, The journal focused on primary studies at , Islamic finance, Islamic accounting, halal markets,tax, capital market, corporate social responsibility,accounting zakat, and islamic capital market has initiated the development of global economic ...