Masyarakat selalu menentang kenaikan harga BBM. Selain itu, emosi negatif semakin terlihat karena kisah di media sosial sering dipenuhi dengan provokasi yang berlebihan. Dianggap bahwa pengalihan subsidi BBM oleh pemerintah tidak menguntungkan rakyat. Kenaikan harga BBM juga memicu interaksi dan percakapan warganet Indonesia di media sosial. Perbincangan isu kenaikan BBM di media sosial terdapat 403.700 perbincangan dengan 2,2 juta interaksi antar pengguna media sosial. Data penelitian mencakup 560 tweet. Ini dibagi menjadi dua, 500 untuk data latihan dan 60 untuk data uji, yang disimpan dalam format xlsx. Algoritma yang di gunakan adalah AdaBoost dengan klasifikasi sentimen positif atau negatif. Studi ini menghasilkan algoritma AdaBoost memiliki kemampuan untuk mengkategorikan tweet kenaikan BBM Pertamina ke dalam kelas bersentimen positif atau negatif dengan akurasi sebesar 86,8%.
Copyrights © 2023