Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model strategi pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) terhadap kemampuan pemecahan masalah bila ditinjau dari IQ (Intelligence quotient). Pada penelitian ini, 60 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Berastagi dijadikan sebagai partisipan penelitian. Ini bersifat kuantitatif dan menggunakan strategi studi kelompok kontrol posttest. Hasil penelitian yang diperoleh adalah:(1) Keterampilan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dengan Signifikansi (Sig.) 0,041. Uji ANOVA dua arah dengan tingkat signifikansi 5% digunakan dalam penelitian ini. (2) Intelligence Quotient (IQ) tinggi dan sedang dengan signifikansi (Sig.) yang diperoleh 0,000 berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (3) Terdapat interaksi antara Intelligence Quotient (IQ) dan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetiton) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dimana signifikansi (Sig.) yang diperoleh 0,041
Copyrights © 2024