Olahraga taekwondo banyak dipilih menjadi salah satu olahraga dalam ekstakulikuler di sekolah menengah dan sekolah atas yang memiliki potensi untuk membentuk karakter siswa. Namun demikian, belum banyak penelitian yang membahas integrasi seni beladiri taekwondo ke dalam pendidikan karakter di sekolah, tujuan penelitian ini dibuat untuk mengkompilasi secara metodis penelitian empiris dan literatur sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kajian literatur sistematis yaitu mengkaji bebrapa artikel yang sesuai dengan topik tertentu, sebanyak 12 artikel yang dilakukan dari rentang tahun 2017 sampai tahun 2024 dan berkaitan dengan topik yang diteiliti. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa istilah terkait dengan “pendidikan karakter” “pelatihan taekwondo”, “nilai karakter”, “moral” untuk memudahkan dalam tahap pengumpulan data dengan pencarian literatur. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis tematik, untuk melihat penemuan pola dan tema yang bermakna di antara berbagai sumber yang dianalisis. Kemudian, data dikategorikan ke dalam kelompok utama yang berkaitan dengan manfaat seni bela diri taekwondo, nilai-niali yang di tanamkan, dan dampaknya pada kemampuan psikososial siswa. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahawa seni bela diri taekwondo dapat dijadikan strategi tambahan untuk mendukung kesehatan mental dan menjadi pengobatan psikososial yang efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025