Eksistensi emosi, inersia, dan pembelian impulsif menjadi fenomena dalam perilaku seseorang. Ketiga konstruk tersebut merupakan konsekuensi atas kehadiran produk hedonik dalam sebuah pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi pengaruh produk bernilai hedonik terhadap emosi konsumen, inersia, dan pembelian impulsif serta mengeksplorasi peran emosi konsumen dalam menghubungkan produk hedonik dengan inersia dan pembelian impulsif. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sebanyak 182 responden digunakan berdasarkan purposive sampling dengan kriteria berusia lebih dari 18 tahun dan merupakan konsumen reguler. Hasil penelitian menunjukkan produk hedonik mampu mempengaruhi emosi konsumen dan pembelian impulsif, namun tidak signifikan dalam memprediksi inersia. Temuan lainnya menunjukkan adanya peran emosi konsumen dalam memediasi pengaruh produk hedonik baik terhadap inersia maupun pembelian impulsif. Adapun temuan dalam studi ini dapat digunakan sebagai pembelajaran dalam membangkitkan ikatan emosi positif konsumen sehingga mendorong inersia dan pembelian impulsif.
Copyrights © 2025