Penelitian ini mengidentifikasi strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo. Dalam upaya mengembangkan UMKM kuliner ekonomi kreatif di kota tersebut, berbagai aspek penting perlu diperhatikan baik oleh pemerintah lokal maupun para pelaku usaha. Penelitian ini fokus pada gambaran umum UMKM kuliner ekonomi kreatif di Kota Palopo, strategi pengembangan yang efektif untuk sektor ini, serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan UMKM kuliner berbasis ekonomi kreatif tersebut, menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa UMKM bidang kuliner berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo belum sepenuhnya memberikan tingkatan atau predikat khusus bagi Kota Palopo sebab masih terdapat hambatan dan tantangan yang masih dialami oleh para pelaku ush aitu sendiri. Analisis strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif dalam bidang kuliner dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa letak dari UMKM ekonomi kreatif bidang kuliner di Kota Palopo berada pada strategi agresif. Adapun makna dari strategi agresif itu sendiri yang berarti perusahaan berada dalam situasi yang sangat baik, dimana kekuatan internalnya memungkinkan mereka untuk memanfaatkan peluang eksternal dengan maksimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024