SENGKUNI Journal (Social Science and Humanities Studies)
Vol 6, No 1 (2025)

EVALUASI PENERAPAN PENGELOLAAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI APLIKASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KAUR

Mitra, Alpin Doni (Unknown)
Aprianty, Henny (Unknown)
Dani, Rahiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Platform Merdeka Mengajar merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan akses kepada para pendidik untuk mengembangkan kompetensi dan kinerjanya secara lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pengelolaan kinerja kepala sekolah melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Model CIPP digunakan untuk menilai empat komponen utama dalam evaluasi program, yaitu Context, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari kepala sekolah, pengawas pendidikan, serta pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMM dalam pengelolaan kinerja kepala sekolah di Kabupaten Kaur telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas manajerial kepala sekolah, meskipun masih terdapat beberapa kendala terkait dengan infrastruktur teknologi, pelatihan, dan pemahaman penuh terhadap penggunaan aplikasi. Evaluasi ini juga mengidentifikasi kebutuhan untuk peningkatan sosialisasi dan pelatihan yang lebih intensif agar kepala sekolah dapat memaksimalkan pemanfaatan PMM dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sengkuni

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

SENGKUNI JOURNAL publishes scientific papers on the research and scientific studies in the scope of humanities and social studies, such as anthropology, studies, business, communication studies, corporate governance, criminology, the study of cross-cultural, demographic, economic studies of ...