Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain bola basket siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pasangkayu dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam tiga siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Studi ini melibatkan 32 siswa kelas IX A pada tahun akademik 2023/2024. Data dikumpulkan melalui pengamatan aktifitas guru dan siswa serta tes keterampilan bermain bola basket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa meningkat secara signifikan setiap siklus. Persentase ketuntasan siswa mencapai 76,67% pada siklus I, 81,25% pada siklus II, dan 90,63% pada siklus III, masing-masing. Selain itu, guru dan siswa bekerja sama dengan lebih baik, terutama dalam hal berbicara, bekerja sama dalam kelompok, dan berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran. Studi ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain bola basket. Oleh karena itu, model ini disarankan untuk digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam pendidikan olahraga, olahraga, dan kesehatan, khususnya berkaitan dengan materi permainan bola besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025