Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “campur kode” bahasa iklan” di Radio Surya FM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data naskah iklan dalam iklan Bea Cukai. Proses pengumpulan data melalui beberapa tahap yakni 1) mendengarkan iklan “Bea Cukai”, 2) mengamati, 3) menganalisis naskah iklan, dan 4) menyimpulkan. Karakter tokoh “Suami dan Istri” dalam iklan “Bea Cukai” identik dengan watak yang kurang, dengan masih banyak penggunaan bahasa lain. Hasil analisis naskah percakapan “Suami Istri” ditemukan bahwa tokoh “Suami dan Istri” menggunakan ragam bahasa ngoko dan bahasa Indonesia ketika berinteraksi. Menyoroti campur kode yang digunakan oleh tokoh “Istri” dan tokoh “Suami” dilakukan dalam satu waktu percakapan. Campur kode dalam bahasa iklan ditujukan untuk menarik perhatian audiens. Selain itu campur bahasa juga dapat mengambarkan penyampaian emosi atau nuansa dalam iklan.
Copyrights © 2025