Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lanjut Usia di Puskesmas Kabanjahe Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Semua data yang telah disajikan sesuai dengan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan indikator yaitu ketepatan waktu pelayanan, kesopanan dan keramahan saat memberikan pelayanan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, dan kenyamanan konsumen. Namun yang terjadi di Puskesmas Kabanjahe sampai saat ini kualitas pelayanan berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan sudah memenuhi sarana dan prasarana yang diberikan sehingga sesuai dengan jumlah kunjungan, selain itu masih terdapat sarana dan prasarana yang sangat terawat sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat/pasien lanjut usia di Puskesmas Kabanjahe, masih terdapat petugas pelayanan yang memberikan pelayanan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Jumlah tenaga medis di Puskesmas Kabanjahe dalam hal ini Dokter, Bidan, dan Perawat sudah cukup dan seimbang. Sudah memenuhi SOP pegawai atau tenaga medis yang tepat waktu dalam memberikan pelayanan kesehatan, ramah dalam memberikan pelayanan dan memberikan rasa nyaman dalam memberikan pelayanan. Pelayanan kesehatan masyarakat lanjut usia harus lebih ditingkatkan lagi agar Mutu Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lanjut Usia di Puskesmas Kabanjahe semakin efektif.
Copyrights © 2025