Pendahuluan: Handover pasien yang tidak optimal dapat menyebabkan kelalaian informasi, keterlambatan perawatan, dan menurunkan kepuasan pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan handover pasien di rumah sakit swasta. Metode: Desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional pada 400 responden menggunakan total sampling. Instrumen kuesioner telah diuji validitas (0,3–>0,9) dan reliabilitas (Cronbach’s Alpha 0,748–0,943). Hasil: Analisis regresi logistik menunjukkan supervisi kepala ruangan (p=0,001), fasilitas (p=0,018), standar prosedur operasional (p=0,002), dan komunikasi (p=0,001) berhubungan signifikan dengan pelaksanaan handover. Pengetahuan dan dukungan teman sejawat tidak signifikan. Kesimpulan: keberhasilan handover ditentukan oleh supervisi, fasilitas, SPO, dan komunikasi. Peningkatan mutu handover perlu difokuskan pada penguatan kepemimpinan, fasilitas, penerapan SPO, dan komunikasi efektif. Kata Kunci : Handover, Supervisi kepala ruangan, fasilitas, Standar Prosedur Operasional (SPO), Komunikasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025