Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 8, No 1 (2025): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur (Survei pada SMA Negeri di Kota Depok)

Y, Mahdiah A (Unindra)
Suendarti, Mamik (Universitas Indraprasta PGRI)
Hasbullah, Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Salah satu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana faktor-faktor seperti minat membaca dan keinginan untuk belajar memengaruhi kemahiran dalam menulis teks prosedural. 2) Bagaimana Minat Membaca Memengaruhi Kemampuan Menulis Teks Prosedural. 3. Bagaimana Motivasi Belajar Memengaruhi Kemampuan yang Diperlukan untuk Menulis Teks Prosedural. Tujuh ratus enam puluh dua siswa dari SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Kota Depok menjadi populasi penelitian. Seratus siswa dipilih secara acak untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan strategi korelasional. Berikut adalah temuan penelitian: 1) Kemampuan menulis teks prosedural siswa SMA Negeri Kota Depok secara signifikan dipengaruhi oleh minat baca dan motivasi belajar mereka. Nilai F sebesar 19,947 dan tingkat signifikansi 0,000<0,05 menunjukkan hal ini. 2) Kemahiran siswa dalam menghasilkan teks prosedural sangat dipengaruhi oleh minat baca mereka di SMA Negeri Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan hasil Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 4,802. 3) Kemampuan menulis teks prosedur siswa SMA Negeri Kota Depok sangat dipengaruhi oleh motivasi belajarnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,009 < 0,05 dan t hitung = 2,669. Kata Kunci: Minat Baca, Motivasi Belajar, Keterampilan Menulis Teks Prosedural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...