Kecanduan game online merupakan fenomena yang semakin sering dijumpai di kalangan remaja, khususnya di era digital dengan akses internet yang semakin luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar berbasis web guna mendiagnosis tingkat keterikatan remaja terhadap game online di Kabupaten Malaka dengan menggunakan metode Certainty Factor. Sistem ini mengklasifikasikan keterikatan dalam tiga tingkat, yaitu rendah, sedang, dan tinggi, berdasarkan gejala-gejala yang diinput oleh pengguna. Metode Certainty Factor digunakan karena mampu mengakomodasi ketidakpastian dengan menggabungkan tingkat keyakinan dari pakar dan pengguna terhadap setiap gejala. Sistem dikembangkan menggunakan model waterfall dan diuji pada data 25 remaja usia 12–20 tahun. Hasil validasi menunjukkan tingkat akurasi sebesar 95% dibandingkan dengan hasil diagnosa pakar. Sistem ini diharapkan dapat membantu orang tua, guru, dan konselor dalam melakukan deteksi dini serta menjadi sarana konsultasi yang bersifat mandiri dan menjaga privasi pengguna.
Copyrights © 2025