Abstrak: Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) menuntut generasi muda untuk memiliki keterampilan baru yang mengintegrasikan aspek linguistik dan teknologi. Salah satu teknologi terkini, yaitu AI text-to-image, memerlukan kemampuan dalam menyusun perintah dalam bentuk kalimat imperatif berbahasa Inggris yang jelas dan efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan softskill (kemampuan linguistik) dan hardskill (penggunaan teknologi AI) siswa SMK Muhammadiyah 1 Adiwerna dalam menyusun kalimat imperatif berbahasa Inggris sebagai prompt pada website berbasis Artificial Intelligence (AI). Metode kegiatan yang digunakan meliputi ceramah, praktik langsung, serta diskusi kelompok (FGD). Kegiatan ini melibatkan 30 siswa kelas XI jurusan Animasi sebagai peserta. Evaluasi dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat imperatif secara signifikan, dengan rata-rata peningkatan sebesar 40% berdasarkan hasil perbandingan pre-test dan post-test. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta baik secara linguistik maupun teknologis, serta membekali mereka untuk siap menghadapi tantangan industri kreatif berbasis AI.Abstract: The advancement of Artificial Intelligence (AI) technology demands that young generations acquire new skills that integrate linguistic competence with technological proficiency. One such emerging technology, AI text-to-image generation, requires the ability to compose clear and effective imperative sentences in English as prompts. This community service program aimed to enhance both the soft skills (linguistic ability) and hard skills (AI application usage) of students at SMK Muhammadiyah 1 Adiwerna by training them to compose English imperative sentences as prompts for AI-based websites. The methods used included lectures, hands-on practice, and Focus Group Discussions (FGDs). The activity involved 30 eleventh-grade students from the Animation Department as participants. Evaluation was conducted using pre-tests and post-tests consisting of multiple-choice questions to measure improvements in understanding and skills. The evaluation results showed a significant improvement in the students' ability to construct imperative sentences, with an average skill increase of 40%, based on the comparison between pre-test and post-test scores. This program effectively enhanced the participants' linguistic and technological competencies and prepared them to face the demands of the AI-driven creative industry.
Copyrights © 2025