JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 9, No 4 (2025): Agustus

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA UMKM

Amelia, Putri (Unknown)
Shofiyah, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Abstrak: Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap pertumbuhan perkonomian Indonesia sangat besar dan penting karena menyediakan lapangan pekerjaan serta menopang ekonomi nasional. Namun, masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi UMKM karena keterbatasan pengetahuan terutama dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran produk secara digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemilik usaha UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangan secara digital dan memperluas jangkauan pemasaran produk usaha. Metode pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap yaitu, tahap persiapan dan observasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Pendampingan diberikan kepada pelaku usaha “Ari Souvenir” sebagai representasi UMKM yang berada di Rejowinangun Kota Yogyakarta, dengan fokus pada penggunaan aplikasi akuntansi (Microsoft Excel dan Buku Warung) dan platfrom digital marketing seperti media sosial dan marketplace. Evaluasi pengabdian ini dilakukan melalui angket pre-test dan post-test kepada pelaku usaha untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku UMKM sebesar 80% dalam pencatatan keuangan sesuai standar SAK EMKM dan 70% peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan dan memperluas jangkauan pemasaran pelaku UMKM.Abstract: The role of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia’s economic growth is very large and important because it provides jobs and supports the national economy. However, there are still many challeges and obstacles faced by MSMEs due to limited knowledge, especially in financial management and digital product marketing. This community service activity aims to increase the knowledge and skills of MSME business owners in conducting digital financial management and expanding the marketing reach of business products. The implementation method is carried out in three stages, activity implementation, and evaluation. Assistance is given to “Ari Souvenir” business actors as a representation of MSMEs in Rejowinangun yogyakarta city, focusing on the use of accounting applications (Microsoft Excel and Buku Warung) and digital marketing platforms such as social media and marketplaces. The evaluation of this service was carried out through pre-test and post-test questionnaires to business actors to measure the increase in understanding and skills. The results of the activity showed an 80% increase in understanding of MSME actors in financial recording according to SAK EMKM standards and a 70% increase in the ability to utilize digital technology for product marketing. Thus, this activity succeeded in increasing the efficiency of financial management and expanding the marketing readh of MSME actors.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...