Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA)
Vol. 3 No. 1 (2024): JUPITA Volume 3 Nomor 1, November 2024

Rancang Bangun Helpdesk System Berbasis Website dengan Codeigniter di PT Dimata Sora Jayate

Artanta Wibawa, Putu Widyantara (Unknown)
Cokorda Pramartha (Unknown)
I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah meningkatkan jumlah konsumen yang dimiliki perusahaan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, perusahaan harus mampu membentuk hubungan baik dengan konsumen melalui pelayanan terhadap keluhan atau pertanyaan yang dimiliki oleh konsumen. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang mampu untuk melakukan manajemen terhadap keluhan dan pertanyaan yang dimiliki oleh konsumen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, akan dikembangkan sebuah helpdesk system berbasis website di PT Dimata Sora Jayate yang mampu melakukan manajemen keluhan maupun pertanyaan menggunakan framework PHP yaitu CodeIgniter dengan database MySQL. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan helpdesk system adalah Design Science Research Methodology (DSRM) dengan empat tahapan utama, yaitu analisis penelitian, desain, implementasi, dan evaluasi. Helpdesk system yang telah berhasil dibangun kemudian diuji dengan Black-box dan memberikan hasil sesuai di seluruh aspek fitur yang diuji, sehingga sudah dapat digunakan untuk manajemen keluhan maupun pertanyaan dari pengguna secara efektif dan efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupita

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Other

Description

Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA) adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang ...