Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital
Vol. 4 No. 2 (2025): JULI-DESEMBER

The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media for the "Semangko Photography" Photo Studio Business

Lingga, Riswandha Imawan (Unknown)
Anggia Syafitri (Unknown)
Fitri Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Hootsuite We Are Social pada tahun 2024 menetapkan Instagram sebagai aplikasi media sosial kedua yang paling sering digunakan setelah Whatsapp. Instagram adalah platform populer untuk berbagi konten fotografi dan mengikuti kehidupan pesohor favorit. Dimana pengguna terbesar Instagram terdapat di kelompok usia di bawah 25 tahun. Hal ini membuat Instagram cocok untuk digunakan oleh pelaku usaha dalam memasarkan produk dan jasa mereka yang menargetkan kalangan muda dan peduli dengan tren. Dengan informasi tersebut, berbagai pelaku bisnis mengikuti tren untuk menggunakan Instagram dalam mempromosikan produk dan jasanya. Diantara pelaku bisnis tersebut adalah Studio Foto “Semangko Photography”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan jumlah permintaan pada layanan jasa Studio Foto “Semangko Photograpghy”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yakni penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas Instagram sebagai media promosi pada Usaha Studio Foto “Semangko Photography”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan media promosi yang efektif bagi Studio Foto “Semangko Phoography” dalam meningkatkan daya tarik jasa fotografi mereka. Fitur seperti instagram story, instagram feed, instagram reels, hashtag, dan highlight turut mendukung efektivitas komunikasi pemasaran Studio Foto “Semangko Photography”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEMAKBD

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital is a peer reviewed journal. JEMAKBD invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting, including but not limited to Economics Monetary Economics, Finance, and Banking ...