Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan siswa Fase F di SMKN 5 Padang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Fase F SMKN 5 Padang yang berjumlah 196 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Literasi Keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi keuangan siswa tidak selalu berbanding lurus dengan peningkatan perilaku pengelolaan keuangan yang positif, bahkan cenderung berasosiasi dengan perilaku yang kurang optimal dalam konteks penelitian ini. Di sisi lain, Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan siswa dalam mengendalikan diri, semakin baik pula perilaku pengelolaan keuangan mereka. di samping peningkatan literasi keuangan untuk membentuk perilaku pengelolaan keuangan yang sehat pada siswa.
Copyrights © 2025