Penelitian ini berfokus pada PT. Lokajaya Surya Mahardika salah satuperusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi & jaringan di DesaBesito, Karangmalang serta Padurenan yang sampai saat ini belummemiliki sistem mumpuni terkait data pelanggan yang kurangterstruktur, pencatatan nama pelanggan, kode area, serta pembayaranbulanan. Permasalahan tersebut menyebabkan ketidakakuratan data,ketidakjelasan dalam bukti pembayaran yang terlaksana, sertakebingungan dalam menentukan lokasi Optical Distribution Point (ODP)yang tersedia. Disisi lain, Network Engineer PT. Lokajaya SuryaMahardika masih dilakukan secara manual hingga menyebabkan selisihdalam nominal pembayaran karena belum adanya sistem pembayaranyang terstandarisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancangsistem yang mampu membatu dalam hal manajemen pengelolaan datapelanggan internet yang memberikan kemudahan bagi pengguna.Metode Waterfall digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang diperolehyakni terciptanya sebuah Rancang Bangun Sistem Informasi ManajemenData Pelanggan Dan Pembayaran Berbasis Web yang dilengkapidengan fitur manajemen data pelanggan, data pembayaran, danlaporan keuangan yang dapat membantu perusahaan dalampengelolaan data secara lebih efektif dan efisien.
Copyrights © 2025