Innovation, Theory & Practice Management Journal
Vol. 3 No. 2 (2024): Juli: Innovation, Theory & Practice Management Journal

PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN DENGAN INOVASI SEBAGAI MEDIASI(Studi pada Industri Kecil Makanan dan Minuman di Kabupaten Kendal)

Pratiwi , Puspita Siswi (Unknown)
Sugiyarti , Gita (Unknown)
Sulistiyani, Sulistiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung melalui inovasi sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelaku industri kecil makanan dan minuman di Kabupaten Kendal, dengan ukuran jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sumber data yang digunakan data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menjelaskan jika orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian juga menjelaskan jika orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, dan orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi. Hasil uji mediasi diperoleh bahwa inovasi dapat memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, dan inovasi dapat memediasi pengaruh orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitpm

Publisher

Subject

Physics Social Sciences

Description

Learning : consisting of theoretical and empirical research studies on learning of science. We invite manuscripts that investigate learning and its change and growth from various lenses, including psychological, social, cognitive, sociohistorical, and affective. Studies examining the relationship of ...