Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 11, No 1 (2025): July

Pengembangan Aplikasi Game Matematika Interaktif (GEMATI) Berbasis Android untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung Siswa Slow Learner

Tridiliyanto, Anna (Unknown)
Sartinah, Endang Pudjiastuti (Unknown)
Wagino, Wagino (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game matematika interaktif berbasis Android, GEMATI, yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa slow learner. Aplikasi ini memberikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembelajaran matematika dasar bagi siswa dengan kesulitan belajar, khususnya dalam pengenalan angka, deret angka, penjumlahan, dan pengurangan. Dengan menggunakan pendekatan game-based learning, aplikasi GEMATI menyajikan fitur-fitur yang dirancang untuk mendukung personalisasi pembelajaran, visualisasi konsep-konsep matematika yang abstrak, serta umpan balik real-time untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil uji coba aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi GEMATI sangat layak digunakan dengan validitas 92% dari ahli media dan 82% dari ahli materi. Kepraktisan aplikasi juga mendapatkan skor 81,2%, sementara hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan matematika siswa, dengan rata-rata pre-test 52,5 dan skor post-test menjadi 91,7. GEMATI terbukti efektif dan praktis dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa slow learner, serta dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan

Copyrights © 2025