Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter kebhinekaan global pada anak melalui pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Tapen 2 Magetan telah dilaksanakan dengan dua tema, yaitu Aku Cinta Indonesia dan Aku Sayang Bumi. Setiap tema dilaksanakan melalui tahap permulaan, pengembangan, dan penyimpulan. Pada tema yang dilaksanakan tersebut, anak dapat menghargai budaya yang berbeda di sekitarnya dan berusaha memahami perannya di lingkungan sekolah, meskipun belum tepat atau masih memerlukan satu kali bantuan dari guru. Dengan demikian, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menstimulasi anak untuk memiliki karakter kebhinekaan global.
Copyrights © 2025