Jurnal Computer and Technology
Vol. 3 No. 1 (2025): Juli 2025

TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN NASABAH BANK PERKREDITAN RAKYAT DENGAN INTEGRASI SISTEM LAYANAN ADAFTIF

Weri Sirait (Unknown)
Aswin, Arief Rahmadian (Unknown)
Azizah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Layanan merupakan suatu aspek penting yang mencerminkan sejauh mana penyedia jasa mampu memenuhi harapan pelanggan. Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pariangan Batusangkar, masih terdapat permasalahan dalam proses pencatatan dan pemberitahuan terkait peminjaman kredit nasabah. Sistem pelayanan yang digunakan saat ini belum terintegrasi dengan fitur pengingat (reminder), sehingga proses pemberitahuan jatuh tempo pembayaran masih dilakukan secara manual. Hal ini sering menyebabkan keterlambatan pembayaran oleh nasabah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu menyampaikan notifikasi jatuh tempo pembayaran secara otomatis dan efisien melalui media yang mudah diakses oleh nasabah. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem berbasis website yang terintegrasi dengan layanan WhatsApp untuk mengirimkan notifikasi kepada nasabah. Notifikasi ini berisi informasi terkait tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketepatan waktu pembayaran kredit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

COMTECHNO

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Computer and Technology or abbreviated Comtechno is a national journal published by the Ninety Media Publisher since 2023 with E-ISSN : 3048-1880. Comtechno focuses on various issues spanning: Internet of Things (IoT), electronics engineering, software engineering, mobile technology and ...