Layanan merupakan suatu aspek penting yang mencerminkan sejauh mana penyedia jasa mampu memenuhi harapan pelanggan. Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pariangan Batusangkar, masih terdapat permasalahan dalam proses pencatatan dan pemberitahuan terkait peminjaman kredit nasabah. Sistem pelayanan yang digunakan saat ini belum terintegrasi dengan fitur pengingat (reminder), sehingga proses pemberitahuan jatuh tempo pembayaran masih dilakukan secara manual. Hal ini sering menyebabkan keterlambatan pembayaran oleh nasabah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu menyampaikan notifikasi jatuh tempo pembayaran secara otomatis dan efisien melalui media yang mudah diakses oleh nasabah. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem berbasis website yang terintegrasi dengan layanan WhatsApp untuk mengirimkan notifikasi kepada nasabah. Notifikasi ini berisi informasi terkait tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketepatan waktu pembayaran kredit.
Copyrights © 2025