Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Green Marketing dan Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Hayimi Store

Pradani, Rizki Febri Eka (Unknown)
Putri, Nurrifa' Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Isu lingkungan akibat penggunaan plastik sekali pakai mendorong pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik terhadap keputusan pembelian konsumen di Hasyimi Store, Pondok Pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan 114 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin dari populasi 160 santri. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil menunjukkan bahwa green marketing dan kampanye pengurangan plastik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (R² = 66%). Strategi ini terbukti efektif dalam membentuk perilaku konsumtif yang sadar lingkungan di lingkungan pendidikan berbasis agama. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pemasaran berkelanjutan yang kontekstual di sektor pendidikan pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...