Industri UMKM Di Indonesia terus berkembang dan memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Pengembangan dan peningkatan kualitas pelaku UMKM terus ditingkatkan karena sektor UMKM terbukti mempunyai kontribusi besar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berimbas kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam mencapai tujuan tersebut perlu terpenuhinya faktor yang mendukung kinerja UMKM, salah satunya adalah faktor kepemilikan sertifikat halal dan kinerja UMKM juga dapat dipengaruhi islamic branding , penerapan ini tentu hal yang penting mengingat Indonesia merupakan populasi Muslim terbanyak di Dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal dan Islamic branding terhadap kinerja UMKM. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis data primer yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara offline kepada 81 pelaku usaha UMKM dengan metode penentuan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen penelitian berupa uji validitas, uji rehabilitas dan pengujian asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolineriitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sertifikasi halal terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, variabel islamic branding terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, Serta sertifikasi halal dan islamic branding berpengaruh secara simultan terhadap kinerja UMKM Di Kota Banjar.
Copyrights © 2025