Etnosentrism cenderung lebih menyukai produk lokal dibandingkan produk asing. Konsumen ethnocentris cenderung bangga dengan merek, simbol, dan budaya nasionalisnya. Konsumen etnosentris yang tinggi mempunyai persepsi yang lebih baik produk dalam negeri dibandingkan dengan produk luar negeri. persepsi kualitas adalah penilaian konsumen terhadap keunggulan atau superioritas produk secara keseluruhan. Kualitas merupakan komponen kompetitif utama dari strategi perusahaan. Hal ini penting bagi perusahaan retail untuk melakukan kontrol kualitas, karena hubungan kualitas antar retailer mempunyai kaitan yang erat dengan pangsa pasar dan profitabilitas. Simamora dalam (Firmansyah, 2019) mengatakan bahwa apabila bicara mengenai kualitas, maka terdapat objek dan kualitas menurut konsumen (perceived quality). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui apakah consumer ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention sepatu lokal Ventela pada mahasiswa Panca Budi Fakultas Sosial dan Sains.(2)Untuk mengetahui apakah perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention sepatu lokal Ventela pada mahasiswa Panca Budi Fakultas Sosial dan Sains.(3)Untuk mengetahui apakah consumer ethnocentrism dan perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention sepatu lokal Ventela pada mahasiswa Panca Budi Fakultas Sosial dan Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer etnocentrism dan perceived quality terdapat pengaruh positif dan signifikan tehadap purchase intention.
Copyrights © 2025