Pembelajaran Matematika di tingkat Sekolah Dasar masih dianggap sulit dan kurang menarik oleh sebagian siswa. Di SDN 2 Sumurbandung, siswa kelas 3 mengalami penurunan minat dan motivasi belajar Matematika. Game edukasi berbasis teknologi dinilai dapat menjadi solusi untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. SDN 2 Sumurbandung merupakan sekolah negeri di Kabupaten Lebak dengan akreditasi B. Lokasi dan kondisi sekolah mendukung dilakukannya penelitian dalam pengembangan media pembelajaran berbasis game untuk siswa kelas 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Metode ini dipilih untuk menghasilkan produk multimedia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi menggunakan Construct 2, sebuah tools visual berbasis HTML5 yang mempermudah pembuatan game 2D tanpa harus menulis kode. Aplikasi dirancang menarik, mudah digunakan, dan memuat soal-soal Matematika dasar yang sesuai kurikulum kelas 3 SD. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap Matematika dasar. Game ini efektif sebagai media belajar alternatif yang interaktif dan layak diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025