Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Perancangan Aplikasi Game Matematika Dasar Untuk Anak Kelas 3 Menggunakan Construct 2 Di SDN 2 Sumurbandung Berbasis Android

Hamdan, Hamdan (Unknown)
Sofian, Ofan (Unknown)
Sifa, Neneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran Matematika di tingkat Sekolah Dasar masih dianggap sulit dan kurang menarik oleh sebagian siswa. Di SDN 2 Sumurbandung, siswa kelas 3 mengalami penurunan minat dan motivasi belajar Matematika. Game edukasi berbasis teknologi dinilai dapat menjadi solusi untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. SDN 2 Sumurbandung merupakan sekolah negeri di Kabupaten Lebak dengan akreditasi B. Lokasi dan kondisi sekolah mendukung dilakukannya penelitian dalam pengembangan media pembelajaran berbasis game untuk siswa kelas 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Metode ini dipilih untuk menghasilkan produk multimedia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi menggunakan Construct 2, sebuah tools visual berbasis HTML5 yang mempermudah pembuatan game 2D tanpa harus menulis kode. Aplikasi dirancang menarik, mudah digunakan, dan memuat soal-soal Matematika dasar yang sesuai kurikulum kelas 3 SD. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap Matematika dasar. Game ini efektif sebagai media belajar alternatif yang interaktif dan layak diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...