Jurnal Ekonomi Trisakti
Vol. 5 No. 2 (2025): Oktober

ANALISIS POSITIONING MEREK FAST FASHION BERDASARKAN KESESUAIAN POSISI DAN PERSEPSI KONSUMEN.

Robian, Rio (Unknown)
Rahayu, Fatik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Perkembangan industri fast fashion di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan didorong oleh perubahan gaya hidup, perkembangan teknologi, dan peningkatan akses terhadap tren global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi positioning merek fast fashion berdasarkan atribut yang dianggap penting oleh konsumen seperti kualitas, desain, popularitas, harga, kenyamanan, keunikan, dan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan diskriminan dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online kepada 111 responden yang mengenal dan pernah membeli merek fast fashion seperti Adidas, Nike, Uniqlo, H&M, dan Zara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mempertimbangkan desain, kenyamanan, dan keberlanjutan sebagai faktor utama dalam memilih merek. Zara dan H&M unggul dalam aspek desain, Uniqlo dalam kenyamanan dan keberlanjutan, serta Adidas dan Nike menonjol dalam kualitas dan popularitas. Strategi positioning yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan niat beli konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trisakti (JET) has been published by Lembaga Penerbit Fakultas EKonomi dan Bisnis (LPFEB). JET is a journal for publication of undergraduate (S1) and Applied (D4) students, students of the Faculty of Economics and Business (FEB) as well as students outside of FEB and General Affairs. ...