UMKM merupakan suatu usaha yang berperan besar dalam perekonomian negara, untuk itu pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan suatu aplikasi yaitu Bekasi berani beli (Bebeli) yang bertujuan untuk mendukung para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas dari aplikasi Bebeli dalam memajukan UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Efektivitas dari Budiani yang memilki 4 indikator yaitu : Ketepatan sasaran, Sosialisasi Program, Pencapaian Tujuan, dan Pemantauan Program. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan indikator ketepatan sasaran sudah tepat menyasar kepada pelaku UMKM namun masih belum merata dan menyeluruh menyasar kepada pelaku UMKM. Lalu terkait dengan indikator Sosialisasi program sudah dilaksanakan namun belum dilaksanakan secara rutin dan juga menyeluruh. Kemudian indikator pencapaian tujuan belum tercapai dan sesuai dengan tujuan dibuatnya aplikasi Bebeli. Dan indikator pemantauan sudah dilakukan namun hanya melalui sistem dan tidak melakukan pemantauan secara langsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025